Eks Pimpinan KPK Usul Masyarakat Gelar Polling Capres Independen

Politik 0
banner-728x90-balakqq

Busyro_Muqoddas__Wakil_Ketua_KPK__-_Helmi_Fithriansyah_4

Jakarta  Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas mengusulkan agar kelompok masyarakat yang menggelar jajak pendapat atau polling secara mandiri untuk menyaring nama-nama bakal calon presiden.

“Polling itu harus dilakukan atas inisiatif masyarakat sipil, gabungan aliansi atau ormas secara mandiri,” kata Busyro di Gelanggang Mahasiswa, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu, 21 Februari 2018.

Busyro menilai, selama ini konvensi yang dilakukan sejumlah partai politik untuk memunculkan calon presiden masih belum menerapkan prinsip kejujuran.

“Mana ada konvensi yang jujur, pada akhirnya itu hanya sebagai kembang-kembang di etalase demokrasi saja,” kata Ketua PP Muhammadiyah bidang Hukum dan HAM ini.

Baca Juga Artikel : Sri Mulyani Beri Tunjangan Rumah Bagi Hakim Pengadilan Pajak, Cek Besarannya

Menjadi Alternatif

 007845700_1512637362-20171207-Busyro-Muqaddas-HEL-7

Polling dari masyarakat, menurut dia, akan menjadi alternatif yang mampu menekan dominasi politik uang untuk memengaruhi masyarakat setiap menjelang pemilu.

“Kalau menang karena ‘nyogok’ (politik uang) maka bukan pemimpin namanya, melainkan telah terjadi manipulasi terhadap hak rakyat untuk memeroleh pemimpin yang jujur,” kata Busyro seperti dilansir dari Antara. 

Menurut dia, polling bisa dilakukan oleh beragam elemen seperti organisasi wartawan, organisasi kegamaan, organisasi profesi, serta NGO.

“Media massa juga harus ikut membantu dengan menerapkan prinsip jurnalistik tanpa didominasi kepentingan politik pemilik modal,” kata dia.

Share This:

Tags:
banner-728x90-balakqq
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply